Pages

Selasa, 22 Februari 2011

TESTIMONI FILM UPIN IPIN “GENG”


Menonton film upin ipin pada hari rabu minggu lalu merupakan penyegaran bagi saya dari berbagai rutinitas kuliah. Apalagi, saya pun memang suka dengan film itu dan terlebih saya belum menonton film upin-ipin yang satu itu. Jadi, menonton film itu sangat menuntaskan rasa ingin tahu saya akan film yang katanya fenomenal di kalangan anak-anak tersebut.
            Film upin ipin ini sebenarnya bukan sekedar film biasa. Didalam setiap film upin ipin selalu terdapat nilai-nilai moral dan proses belajar. Film ini dikemas dengan tokoh-tokoh yang unik, lucu dan menghibur dengan berbagai karakter yang berbeda-beda. Sehingga dengan demikian film ini begitu disukai tidak hanya dikalangan anak-anak, tetapi juga remaja dan dewasa.
            Saat saya menonton Behind The Scene film Upin Ipin Geng ini, saya sangat takjub melihat proses pembuatannya. Proses pembuatannya ternyata hingga 2 tahun. Para kru benar-benar selektif dalam pembuatan film ini. Mulai dari pembuatan naskah hingga filmnya ditayangkan. Proses pembuatannya pun ternyata sangat rumit. Apalagi pada saat membuat animasi dari setiap pemainnya, bisa sampai 3 hari. Wah, benar-benar dibutuhkan kesabaran dan keahlian khusus dalam pembuatan film ini. Sungguh menakjubkan.
            Film ini menyampaikan ajaran-ajaran Islami yang mendidik dan bermoral. Mengingat anak-anak begitu menyukai film-film kartun dan animasi, maka para kru film ini bekerja keras untuk dapat menciptakan sebuah film yang mendidik dan disukai anak-anak. Saya ambil contoh adik saya dirumah. Adik saya sangat menyukai film serial upin ipin ini. Dia pun selalu meniru perbuatan upin ipin yang ada dalam film itu. Seperti misalnya puasa. Dulunya, adik saya ini paling rewel kalau sedang puasa. Siang hari pada bulan puasa, ia pasti sudah ingin makan. Namun, semenjak adanya film serial upin ipin yang mendidik untuk berpuasa pada bulan Ramadhan, adik saya perlahan menjadi tidak rewel lagi. Bahkan ia terkadang menangis kalau kami tidak membangunkannya sahur. Bukankah apa yang adik saya lakukan ini merupakan proses belajar dari apa yang ditontonnya?? Tentu saja ini merupakan proses belajar. Ia belajar menjadi lebih baik dalam berpuasa.
            Nah, dalam film “Geng” ini sendiri, ada banyak hal positif yang bisa ditiru oleh anak-anak. Diantaranya yaitu patuh terhadap perintah orang tua, rela berkorban, senang membantu orang yang membutuhkan, dan setia kawan. Point penting yang saya dapatkan dari film ini adalah : “Segala sesuatu yang dilakukan dengan keyakinan serta pantang menyerah, akan membawa mereka pada kesuksesan”. Maksudnya begini, pada saat mereka tersesat dihutan, mereka tidak begitu saja menyerah dan menunggu ada orang yang menolong mereka. Sebaliknya, mereka malah berusaha sekuat tenaga dan bersama-sama menghadapi berbagai rintangan yang ada didalam hutan. Mulai dari dikejar-kejar monster jadi-jadian, di kelilingi binatang buas hingga akhirnya mereka ditangkap dan disekap. Namun, karena adanya keyakinan bahwa mereka akan selamat dan terbebas dari hutan itu, mereka pun akhirnya terbebas dari hutan itu. Bukan hanya terbebas, mereka juga berhasil menangkap pencuri durian yang ada dihutan itu. Itu semua berkat keyakinan dan kerja sama mereka. Pelajaran berharga lainnya yaitu : “Siapa yang mencuri dan berbuat curang pasti akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dan lambat laun perbuatan mereka itu pasti akan terungkap”.
            Film ini sangat menarik untuk ditonton semua orang karena dikemas dengan nuansa mendidik yang diselingi dengan humor yang segar. Jadi, mari yang belum nonton segera nonton yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar